Kamis, 24 November 2011

KOMUNIKASI MASSA

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA
>>  proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik)


>> Komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (Surat Kabar, Majalah) atau elektronik (radio, televisi) yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat.


PENGERTIAN DAN KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA






dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa merupakan kegiatan seseorang atau suatu organisasi yang memproduksi serangkaian pesan dengan bantuan mesin untuk disebarkan kepada khalayak banyak yang bersifat anonim, heterogen dan tersebar.
Rodman (2006) menawarkan model dasar komunikasi massa dalam gambar diatas



Source dalam bagan diatas merupakan para profesional atau sebuah organisasi besar yang bertindak sebagai gatekeeper. Pesan yang disiapkan oleh gatekeeper untuk disebarkan adalah pesan yang dibentuk berdasarkan pertimbangan ekonomi, legal dan etika. Dengan adanya perbedaan interprestasi peran oleh masing-masing individu dalam khalayak yang menyebabkan adanya efek baik pada tingkat individual dan tingkat masyarakat.
Rodman (2006:9) menyatakan bahwa model ini memperbesar peran dari gatekeeper dan membatasi umpan balik alami. Hal ini terlihat dari bagaimana gatekeeper memilih dari sumber berita yang tak terhingga mulai dari hiburan dan informasi yang ada untuk diekspos kepada khalayak.


PROSES & KARAKTERISTIK ISI PESAN KOMUNIKASI


Proses komunikasi massa ini berlangsung satu arah, umpan balik (feedback) bersifat dugaan atau tertunda. Misalkan, bila seseorang tidak tertarik dengan suatu acara, ia akan berhenti melihat secara tersebut. Secara umum, khalayak akan tertarik pada pesan-pesan media apabila isinya mengandung unsur-unsur sebagai berikut : (a) "novelty" (sesuatu yang baru), (b) kedekatan jarak (fisik dan psikologis), (c) popularitas (mencakup tokoh, organisasi atau kelompok; tempat dan tanggal yang penting dan terkenal); (d) konflik atau pertentangan baik dalam bentuk kekerasan maupun menyangkut perbedaan nilai dan pendapat, (e) humor, (f) seks dan keindahan, (g) emosi dan simpati, (h) nostalgia, dan (i) Human interest.


FUNGSI KOMUNIKASI MASSA


Fungsi komunikasi massa menurut Dominick, yaitu :
a) Surveilance (pengawasan)


Fungsi pengawasan peringatan terjadi ketika media massa menginformasikan tentang ancaman dari angin topan, meletusnya gunung merapi, kondisi yang memprihatinkan, tayangan inflasi atau adanya serangan militer.


b) interpretation (penafsiran)


Fungsi penafsiran mirip dengan fungsi pengawasan. Media massa tidak hanya memasukkan fakta dan data, tetapi juga memberikan penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Organisasi atau industri media memilih dan memutuskan peristiwa-peristiwa yang dimuat atau ditayangkan.


c) Linkage (pertalian)


 Media massa dapat menyatukan anggota masyarakat yang beragam, sehingga membentuk linkage atau (pertalian) berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.


d) Transmission of values (penyebaran nilai-nilai)


 Fungsi penyebaran nilai tidak begitu terlihat. Fungsi ini juga disebut socialization(sosialisasi). Sosialisasi mengacu kepada cara, dimana individu mengadopsi perilaku dan nilai kelompok.


e) Entertainment (hiburan)


Televisi adalah media massa yang mengutamakan sajian hiburan. Hampir tiga perempat bentuk siaran televisi setiap hari merupakan tayangan hiburan. Begitu pun siaran radio, siarannya banyak memuat acara hiburan. Memang ada beberapa stasiun televisi dan radio siaran yang lebih mengutamakan tayangan berita. Demikian pula halnya dengan majalah. Tetapi, ada beberapa majalah yang lebih lebih mengutamakan berita seperti Tempo, times atau koran kompas.


DAMPAK KOMUNIKASI MASSA


Dampak (efek) komunikasi massa bisa dibagi dua: Efek yang bersifat umum dan efek khusus.
Efek umum menyangkut efek dasar yang diperkirakan dapat terjadi akibat pesan-pesan yang disiarkan melalui media massa. Komunikasi massa memiliki efek yang ”mengembang” sebab dalam banyak hal komunikasi massa telah mengambil alih fungsi komunikasi sosial. Secara umum atau luas, komunikasi massa melalui media massa telah menciptakan suatu jaringan pengertian, yang tanpa itu tidak mungkin tercipta masyarakat yang besar dan modern.

Efek seperti itu merupakan efek dasar yang terjadi dari hari ke hari secara terus-menerus. Ia tidak dapat dilihat, didengar, atau diraba, tetapi ia benar-benar terjadi.
Dapat disimpulkan bahwa terpaan media massa pada waktunya akan menimbulkan perubahan-perubahan yang mengejutkan.

Efek khusus menyangkut efek yang diperkirakan akan timbul pada individu-individu dalam suatu massa audiens pada perilaku mereka, dalam menerima pesan-pesan media massa.
Karena ada kombinasi yang berbeda-beda antara situasi, kepribadian dan kelompok di antara anggota-anggota suatu massa audiens dalam peneriman pesan, jenis efek yang mungkin timbul (the possible effect) akan berbeda-beda pula.



FUNGSI KOMUNIKASI MASSA
a) informasi
b) hiburan
c) persuasi
d) transmisi budaya
e) mendorong kohesi sosial
f) pengawasan
g) korelasi
h) pewarisan sosial
i) melawan kekuasaan dan kekuatan represif
j) menggugat hubungan trikotomi


sumber :
http://satrioarismunandar6.blogspot.com/2011/10/beberapa-teori-tentang-dampak-media.html
- Buku Komunikasi Massa


http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/home

Tidak ada komentar:

Posting Komentar